please klik sekali aja

Cara update bitdefender secara offline

| Posted in , | Posted on 22.15

Update BitDefender Offline
BitDefender untuk semua versi baik versi berbayar (paid version) maupun versi gratis (free edition) menyediakan update yang dapat dilakukan secara offline. Sama halnya dengan update secara online, pada update secara offline pun sudah disertakan ketiga paket update yang diperlukan termasuk update versi antivirus. Untuk melakukan update secara offline diperlukan pengunduhan (download) file update yang berekstensi .EXE. BitDefender tidak menyediakan fitur update secara offline, akan harus dijalankan melalui aplikasi update yang sudah disediakan dari BitDefender.

Pada versi 10, terdapat dua macam update yang disediakan BitDefender, yaitu update dalam format file .EXE dan update dalam format file yang dikompresi dengan ekstensi .ZIP. Untuk update dalam format .EXE adalah update mingguan (weekly), sedangkan update dalam format .ZIP adalah update kumulatif (satu bulan). Versi update weekly disediakan untuk menggantikan versi update daily terhitung sejak Maret 2007. Mana yang dipilih?

Weekly Update – Update BitDefender Offline
Update mingguan (weekly update) dari BitDefender adalah update yang dirilis pada setiap hari Jumat. Di dalamnya disertakan paket update untuk virus definitions dan scan engines. Paket update mingguan BitDefender dikemas dalam file berekstensi .EXE. Jika update BitDefender dilakukan rutin setiap 1 minggu sekali, maka file update yang diunduh (download) adalah update mingguan (weekly update). Adapun cara untuk menjalankan update mingguan adalah:

1. Download file update mingguan disini
2. Jalankan file update weekly.exe (langsung dobel klik)
3. Ikuti arahan yang disediakan pada Update Wizard
4. Klik terus tombol “Next”
5. Beri tanda centang pada kotak “I accept the terms in the Licence Agreement”
6. Klik tombol “Next”
7. Klik tombol “Install”
8. Klik tombol “Finish”
Proses update telah selesai. Periksa kembali status update BitDefender dilihat dari kode versi update virus definition ataupun tanggal update.



Cumulative Update – Update BitDefender Offline
Update kumulatif atau cumulative update adalah update BitDefender yang berisikan kumpulan update harian (daily) dan update mingguan (weekly) yang dimulai setiap hari Senin. Update kumulatif diperlukan apabila update antivirus tidak dilakukan selain hari Jumat. Bagi pengguna yang jarang melakukan update, sebaiknya melakukan update secara kumulatif. Pada update kumulatif (cumulative update) memiliki cara berbeda untuk menjalankan proses update. Langkah awal adalah melakukan download dan mengekstraknya ke folder khusus.

1. Download file update kumulatif disini
2. Ekstrak file cumulative.zip ke folder khusus (misalnya cumulative)
Ketika melakukan ekstrak cumulative.zip pada folder cumulative, akan ditemukan pula file update harian yang bernama daily.zip. File update ini harus diekstrak pula pada folder terpisah yang bernama “Daily”.
Langkah selanjutnya adalah memasukkan file-file update BitDefender dengan prosedur di bawah ini (khusus untuk pengguna Windows XP, 2000, NT):
3. Menonaktifkan BitDefender Management Console melalui system tray.
Klik kanan ikon BitDefender di bagian sebelah kanan taksbar (system tray), kemudian pilih “Exit”
4. Menonaktifkan BitDefender melalui fitur Services
Buka kotak dialog “Run” (tombol Windows + R), lalu tulis “services.msc”, kemudian Enter. Di sini akan keluar Windows yang menampilkan daftar item-item services yang sedang bekerja.

5. Menonaktifkan “BitDefender Virus Shield”
Pada kotak Windows “Services”, carilah item yang bertuliskan “BitDefender Virus Shield”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Stop”.
6. Menonaktifkan “BitDefender Scan Server Services”
Pada kotak Windows “Services”, carilah item yang bertuliskan “BitDefender Scan Server Services”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Stop”.
Pastikan pada kolom status pada kedua item di atas bertuliskan “Stop”.
7. Melakukan pemindahan file update
Langkah pemindahan harus dimulai terlebih dahulu dari update kumulatif. Duplikasikan (copy) semua file pada folder cumulative, lalu pindahkan ke folder:

C:\Program Files\Common Files\Softwin\BitDefender Scan Server\Plugins\

Jika keluar pesan penggandaan duplikasi, klik “Yes” (overwriting file). Ulangi pula pemindahan untuk folder “Daily” dengan cara yang sama.
8. Mengaktifkan (restart) BitDefender Antivirus Protection
Langkah pengaktifkan dapat dilakukan melalui Services. Jika Windows Services sudah ditutup, buka lagi seperti pada langkah nomor 4.
Carilah item yang bertuliskan “BitDefender Scan Server Services”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Start”.
carilah item yang bertuliskan “BitDefender Virus Shield”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Start”.
9. Jalankan BitDefender Management Console melalui Start menu.




Comments (0)

Posting Komentar

sixta-f on Facebook

ikuti blog ini